Sabtu, 17 Mei 2008

Musik Patrol di Jogja

Pernah dengar tentang musik patrol di jogja? Dari mana asal musik patrol ini? Bagaimana permainan musik patrol ini?

Musik patrol sering terdengar di daerah jigjakarta, mungkin kebanyakan orang belum tahu nama musik patrol tetapi pernah bahkas sering mendengarkan. Ya, musik patrol ini berasal dari Jember jawa timur (tempat anang, dewi persik, dll).
Musik ini dibawakan oleh anak-anak mahasiswa asli dari jember yang berdomisili di jogjakarta terutama yang ada di Asrama Putra Jember (APJ) yang merupakan markas atau pusat atau sekretariat IKPMJ (Ikatan Keluarga dan Pelajar Mahasiswa Jember di Jogjakarta) dan pusat latihan rutin musik ini.

Patrol adalah musik tradisional yang terdiri dari alat musik dasarnya adalah remo, kentir, kleter, tik tuk, bas, tamborin, dan pakaiannya tentu saja pakaian tradisional Jember. Meskipun alat musik dasarnya adalah tradisional, anak-anak jember ini dapat memadukan musik tradisional dengan musik modern, contohnya adalah alat musik yang ditambah dengan gitar dan keyboard (piano) dengan alunin musik kolaburasi pop dangdut disko dan musik tradisional.

Jika ingin melihat bagaimana permainan musik ini, saksikanlah pada acara-acara kebudayaan IKPMD dan lain sebagainya yang ada di Jogja karena musik patrol ini sering diundang untuk naik panggung terutama tampil pada Monumen Serangan Umum 11 Maret di Jogjakarta.

Tidak ada komentar: